Selasa, 18 November 2008

Silaturrahim Penghantar Surga



عَنْ أَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِيْ رِزْقِهِ، وَيُنْسَأَ لَهُ فِيْ أَثَرِهِ؛ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
Anas bin Malik meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW. Bersabda : "Barang siapa yang ingin dilapangkan rejekinya dan dipanjangkan umurnya; maka hendaklah dia selalu bersilaturrahim." HR. Bukhari Muslim


DEFINISI SILATURRAHIM
Kata rahim berasal dari Bahasa Arab, bila kita buka kamus-kamus Bahasa Arab, maka kita akan dapati kata rahim berasal dari akar kata rahima yang memiliki arti kasih sayang, saling berlaku lemah lembut, kekerabatan dan kekeluargaan.Sedangkan shilah berasal dari kata washala yang memiliki makna sampai atau menyambung.Dalam kamus Al-Mu’jamul Wasith disebutkan makna rahim adalah kerabat dekat, sedangkan kitab Al-Mu’jam Al-Mufahras Li Alfazhil Qur’an disebutkan bahwa : “kerabat dinamakan rahim karena mereka lahir dari satu rahim yang sama.”. Dengan demikian silaturrahim akan selalu menjaga rasa kasih sayang dan sikap peduli kepada orang lain, terlebih lagi kepada keluarga dan kerabat.


PENGHANTAR SURGA
Masuk surga, siapa yang tidak mau ?, bagaimana caranya?. Banyak amalan yang dapat menghantarkan kita ke surga-Nya – walaupun amal ibadah saja tidak cukup, tapi karena rahmat Allah SWT jualah-, Diantaranya adalah selalu ber-silaturrahim.
Rasulullah SAW bersabda :
"...أَفْشُوا السَّلاَمَ وَأَطْعِمُوا الطَّعَامَ وَصِلُوا اْلأَرْحَامَ وَصَلُّوا وَالنَّاسُ نِيَامٌ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ بِسَلاَمٍ"
...Sebarkanlah salam (kedamaian), berilah makan, bersilaturrahimlah, dan shalatlah (di waktu malam) saat manusia tidur, niscaya kalian masuk surga dengan selamat .” HR. Ahmad, Hakim, Tabrani, Baihaqi dan Darimi)
Shahabat pernah bertanya amalan yang dapat memasukannya ke sorga dan menjauhkannya dari api neraka, Rasulullah SAW. Menjawab :
"تَعْبُدُ اللهَ وَلاَ تُشْرِكُ بِهِ شَيْئًا، وَ تُقِيْمُ الصَّلاَةَ وَ تُؤْتِي الزَّكَاةَ وَ تَصِلُ الرَّحِمَ".
“Kamu sembah Allah dan jangan mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, kamu mendirikan shalat, menunaikan zakat dan selalu bersilaturrahim .”
Oleh karenanya suasana Iedul Fitri sampai yang saat ini masih terasa, sangat tepat untuk dijadikan awal dari pembiasaan silaturrahim ini. Kita saling mengunjungi keluarga, baik keluarga dekat atau kaluarga jauh, terlebih kepada mereka yang hampir terputus komunikasi. Karena sering kali masalah pembagian warisan yang dianggap tidak adil, pertikaian anak dan lain sebagainya dapat menjadi pemicu utama terputusnya komunikasi atau hubungan kekeluargaan yang seharusnya selalu dijaga dan lestarikan.
Sebenarnya silaturrahim tidak sebatas pada keluarga atau kerabat saja, namun juga kepada sesama muslim lainnya. Hingga kecintaan kita terhadap saudara kita seiman benar-benar terjalin tanpa harus ada kepentingan duniawi. Dengan demikian ridha dan cinta Allah SWT yang Maha Mengasih dan Penyayang akan kita dapati.

PEMBAWA REZEKI DAN PANJANG UMUR
Kalau kita ingin panjang umur dan lancar rezeki, maka salah satu kuncinya adalah selalu menjalin silaturrahim. Anas bin Malik meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW. Bersabda :
" مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِيْ رِزْقِهِ، وَيُنْسَأَ لَهُ فِيْ أَثَرِهِ؛ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ"
“Barang siapa yang ingin dilapangkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya; maka hendaklah dia selalu bersilaturrahim.” HR. Bukhari Muslim

DIKABULKANNYA DOA
Ada jaminan dari Rasulullah SAW, bahwa setiap Muslim apabila dia berdoa yang dalam doanya tidak terdapat perbuatan dosa atau pemutusan silaturrahim, maka Allah SWT akan berikan kepadanya salah satu dari tiga perkara.
Rasulullah SAW. Bersabada :
"مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو اللهَ بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيْهَا إِثْمٌ وَلاَ قَطِيْعَةُ رَحِمٍ إِلاَّ أَعْطَاهُ اللهُ بِهَا إِحْدَى ثَلاَثِ خِصَالٍِ : إِمَّا أَنْ يُعَجِّلَ لَهُ دَعْوَتَهُ، وَإِمَّا أَنْ يَدَّخِرَ لَهُ فِي اْلآخِرَةِ، وَإِمَّا أَنْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنَ السُّوْءِ مِثْلَهَا."
“Tidaklah seorang Muslim yang berdoa dengan suatu doa yang tidak terdapat di dalamnya perbuatan dosa dan pemutus silaturrahim, maka Allah SWT. Akan memberikannya salah satu dari tiga perkara : Allah akan segera mengabulkan doanya, atau Allah akan simpan untuk diberikan kepadanya di akhirat kelak, atau Allah akan hindarkan dia dari keburukan sebagai ganti dari doanya itu “.

SEDEKAH PERERAT SILATURRAHIM
Dengan bersedekah bukan saja akan menghasilkan pahala, tetapi juga akan dapat mempererat hubungan silaturrahim,terlebih kepada kerabat
Rasulullah SAW. Bersabada :
إِنَّ الصَّدَقَةَ عَلَى الْمِسْكِينِ صَدَقَةٌ وَعَلَى ذِي الرَّحِمِ اثْنَتَانِ صَدَقَةٌ وَصِلَةٌ َ
“Bersedekah kepada orang miskin, akan bernilai sedekah, sedangkan bersedekah kepada kerabat akan bernilai sedekah dan tersambungnya hubungan kerabat”
Sekali lagi, momentum Iedul Fithri ini kemarin adalah saat yang tepat untuk memulai kembali silaturrahim yang sempat renggang atau mungkin terputus. Walaupun untuk bersilaturrahim itu sebenarnya tidak harus menunggu datangnya Iedul Fithri.
Semoga kita termasuk orang yang selalu menjaga hubungan silaturrahim dan pada akhirnya kita akan dimasukkan ke dalam sorga-Nya. Wallahu a’lam

> Mari eratkan tali silaturahim, siapa tahu kita bisa silahturahim kekantor M-GIK<

Wallahu'alam

16 komentar:

Anonim mengatakan...

Bagaimana kalau M-GIK diajak nonton bareng Laskar Pelangi bersama Warga GIK?

tempatnya dilahan calon mushala, nanti pakai pakai proyektor plus layar yg gede, ya macam misbar-lah (Gerimis Langsung Bubar)


Kan sebagai ajang silaturahim....dan jangan lupa pak rahim- security- diajak. piye?

Anonim mengatakan...

Usulan menarik, tapi VCDnya belum ada. kalau pocong vs kuntil anak sudah beredar tuh...

Arsenal16 mengatakan...

vcdnya dah ada tuh pak...yang bajakan banyak di STA kota..apa lagi yang orgi

saya setuju "misbar" dilapangan mushola..siapkan durian runtuh u ntuk M-GIK..

ati2...ada sabotase
errrrrgggg

Anonim mengatakan...

Yang dikota banyak yg bajakan, tapi bukan LasPel. yang laen tuh. tapi pikir-pikir kalo nonton yang bajakan kaga berkah nontonnya. Orang betawi bilang Ya Kaga resep dach.. Hari gini... apa kata dunia.... wah ada orang pajak dech nyang mantau....

Asmara21 mengatakan...

Asyiikkk mau ada durian runtuh... Saya dapat durennya.. M-GIK ketiban Pohonnya...

Waaaahhh "tea walk" cocok tuh di gabung sama "Laskar Pelangi"... panitia.... panitia.... panitia...

Anonim mengatakan...

Iya tuch, apalagi sambil makan sate kambing, gule kambing... hhmmm... mak nyuusss..!!! BTW warga GIK ada yang qorban nggak ya? kalo gak ada yang qorban kita motong siapa? eh motong apa?

Asmara21 mengatakan...

wakakakaka.....

jaka sembung naik ojeg....
nyambung juga ...tukang ojeg...

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...

" Diinformasikan Kepada seluruh warga Griya Insani Kukusan yang berandan dikomentar ini, setidaknya jangan TERPROVOKASI dengan hal-hal yang memancing urusan internal warga dengan M-GIK. Apalagi dikaitkan unsur politik salah satu peserta pemilu.
masalah ini murni urusan PEMENUHAN KEWAJIBAN ANTARA PENGEMBANG DAN KONSUMEN. media ini berisikan komentar-komentar yang sehat. kalau mau jadi KORBAN JANGAN DISINI, NANTI SAAT IDUL ADHA SAJA. DIKORBANIN...salah satu warga GIK.

Anonim mengatakan...

Disarankan kepada bapak admin, setidaknya kita belajar dari masalah ini. jika ada komentar yang berbau SARA, POLITISI dsb yang berkaitan sifatnya meresahkan sebaiknya dimonitor dan disensor jika memang tidak layak untuk dikonsumsi. jika hal ini dibiarkan merusak iklim kehidupan antar warga GIK. trim's.

Anonim mengatakan...

Demokratisasi eh Demokrasi Internet, terkadang sangat bebas. Perlu kedewasaan dan objectivitas berfikir. ditambah tanggung jawab yang tetap dipikul tinggi. dan semuanya dikembalikan kepada pribadi masing-masing.

tapi dah dihapus pak admin tu

Anonim mengatakan...

Insya Alloh Bapak yang komentar dapat hidayah-Nya. Muslim tidak pernah kenal demokrasi. Demokrasi adalah produk Imprialis.

griya insani kukusan mengatakan...

Terimakasih atas Masukannya. Apabila ada postingan dan komentar yang berbau SARA dan atau Politis harap dilaporkan. Blog ini dikelola dengan tanpa moderasi, jadi semua komentar akan langsung tampil tanpa persetujuan admin. Diharapkan tanpa moderasi diskusi lebih mengalir dan tidak ada yang merasa usulnya ditutup-tutupi. Dan jika dipilih dengan moderasi, semua komentar yang masuk harus melalui persetujuan admin, dan ini menurut admin dapat mengganggu jalannya diskusi. Semoga ini pilihan yang terbaik. Namun bila FSW GIK menghendaki moderasi, hal itu pun dapat dilakukan. Dan diharapkan semua dapat menempatkan sesuatu pada porsinya.

griya insani kukusan mengatakan...

Menindaklanjuti permasalahan komentar, mulai saat ini komentar tidak bisa lagi menggunakan anonim. mohon maklum.

ketua FSW-GIK mengatakan...

Ane belum tau neh kok dah di hapus

Asmara21 mengatakan...

setuju tuh bung admin.. tanpa anonim. Tidak sehat untuk kita semua, jika ada komentar yang kurang baik, memancing kita untuk berburuk sangka terhadap warga GIK sendiri, walaupun mungkin bukan warga GIK yang komentar hanya orang yang ingin memperkeruh keadaan saja. Dan yang komentar ketawa-ketiwi aja tuh di belakang. Kan buruk sangka adalah salah satu hal/sifat yang tidak disukai Allah... Dan kalo anonim sepertinya kurang GENTLE gitu, seperti lempar batu sembunyi tangan tuh...