Senin, 10 November 2008

INIKAH AWAL KEBANGKITAN GIK

assalammualaikum wr..wb..
insya allah, senin malam ini tanggal 10 Nopember 2008 bertempat di GIK secercah asa itu akan tertuang dalam suatu surat pernyataan dari pengembang mengenai kelanjutan pengalokasian dana mushola Al-Insan GIK...

menengok langkah kedepan dan adanya aspirasi tentang pembentukan koperasi untuk mempermudah dan mengantisipasi dalam mengelola perumahan Griya Insani Kukusan nantinya..maka perlu kesepakatan dan prosedur yang harus di taati, untuk itu mari sama-sama kita rembuk urung mengenai hal tersebut setelah penandatanganan surat dari pengembang...

hal tersebut mungkin harus segera dilakukan mengingat adanya peluang untuk menghidupi kesejahteraan semua warga GIK, karena bagaimanapun juga insya allah perumahan muslim GIK ini harus menjadi perumahan yang mandiri dan bisa menghasilkan serta menjadi lingkungan masyarakat madani..
wassalammualaikum wr..wb..
FORUM SILATURAHIM GRIYA INSANI KUKUSAN.

19 komentar:

Anonim mengatakan...

Sangat Setupju !!!! Mari Jadilah Perumahan Muslim Pertama Yang Mandiri, Mampu Menghidupi Diri Sendiri dan Lingkungan.

Asmara21 mengatakan...

Usul:
Bukan bermaksud pesimis, tapi rencna utk rembug seyogyanya dijadwalkan setelah surat pernyataan ada di tangan, jadi semuanya serba jelas langkah yang akan ditempuh.

Untuk pembentukan koperasi sepertinya blm diperlukan, lebih baik kita fokus terhadap beberapa permasalahan yang ada dan menyelesaikannya (mushala dan lingkungan)dengan tidak menambah beban permasalahan baru. Karena fungsi koperasi jika hanya untuk pengelolaan GIK, saya rasa sudah terpenuhi oleh adanya kepengurusan FSW-GIK. Untuk Mushala itu sendiri kan sudah ada PANPEL. Selain itu pendirian suatu wadah walau sekecil apapun kan minimal harus jelas platform, visi misi, fungsi dan lain sebagainya. apalagi ini menyangkut warga, minimal melibatkan mayoritas warga, karena mau tidak mau, warga tahu atau tidak tahu, akan terlibat secara langsung atau tidak langsung ke dalam wadah tersebut. Jangan sampai membuat hal yang prematur karena akan banyak rintangannya. Kita fokus dan matangkan rencana dulu agar sesuatu yang kita kerjakan tidak sia-sia, dan kita juga baru beberapa bulan saja menjadi warga GIK. Tidak usah terburu-buru lah, santai saja toh kita tinggal di GIK kan bukan hanya untuk setahun dua tahun, mungkin sampai tua nanti (kalau Allah menghendaki kita sempat untuk tua)...

Kita berdayakan wadah yang ada secara maksimal... Tapi kalau memang ini menjadi keputusan pengurus FSW-GIK, ya saya abstein saja...

(saya tidak terpengaruh oleh yang komentar "NGUMPUL MELULU" lho....)

Anonim mengatakan...

Kalo sekedar urun rembug gak apa-apa.
Tapi kalo mau ngambil keputusan besar sebaiknya diperhatikan lagi tingkat kehadiran warga (apalagi mendadak dan di hari kerja),kalo sedikit yang datang, mending ditunda dulu, dibikin surat undangan dan dipilih waktu yang lebih baik.

ketua FSW-GIK mengatakan...

OK..usul ditampung (kaya pengembang neh jadinya ditampung aja hehehehe)

kalo menurut saya : justru harus secepatnya kita rembuk urung dalam pembentukan forum koperasi, sehingga bisa disepakati visi,misi,fungsi dan sosialisasinya nanti..

lingkungan disekitar sudah ada yang ingin membuat ruko (tetangga sebelah selatan bang one), justru nanti kita yang tidak enak kalau tetangga sebelah sudah membuat ruko (ini bukan salah satu alasan kenapa membuat koperasi)

wadah FSW-GIK lah yang membentuk koperasi tersebut, dimana didalamya harus terdapat orang-orang yang kompenten di bidangnya.

wadah koperasi dibentuk untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang biasa dipakai oleh suatu keluarga dan juga diharapkan bisa membantu dalam pengelolaan perumahan GIK..

ketua FSW-GIK mengatakan...

antisipasi waktu mungkin bisa di revisi kembali...melihat sitkon nanti malam...kalau tidak mencapai qorum pasti kita tunda...

Anonim mengatakan...

rembug urung sama gak ya dg urun rembung..hehehehe.

hayuk lah, selekasnya bentuk/rencanakan koperasi karena untuk benar2 mewujudkan dan menggerakan koperasi butuh waktu, pengorbanan yg tdk pendek dan gampang kawan, ndak papa kalo dari sekarang kita merintis/belajar AD/AR koperasi, plaformnya, misinya apa dll.

percayalah kawan merealisasikan koperasi yg benar2 bisa menggerakan sendi ekonomi GIK dan penopang finansial kehidupan GIK butuh waktu setidaknya 2-3 th.

sekali mendayung, 2-3 benua terlampaui... sekali hentak 50 juta keluar...hehehehe

-d6-

Anonim mengatakan...

oya, kalau waktu buat rembugan bisa fleksibel aja, yang fenting keinginan,semangat dan kemauan bikin kuperasi jangan fadam.

-d6-

Pujo Priyambodo mengatakan...

Semalam diundur, menjadi malam senin 22/11/08, jam 19.30 sd 22.00 biar ga kemalaman. besok pagikan upacara. Temp.Ketu FSW-GIK.

Asmara21 mengatakan...

Menyambung usulan:
sebelum dibentuknya koperasi, apalagi dibuatkan AD/ART nya segala... apakah tidak lebih baik dibuatkan AD/ART untuk FSW-GIK? Agar lebih gamblang dan jelas aturan bersosial masyarakat di GIK, walaupun bebas bertindak dan hidup di GIK tetapi ada batasan-batasan yang harus dipatuhi setiap warga GIK agar satu sama lain tidak bersinggungan. Walaupun semua itu sudah diatur dalam Al-Quran dan sudah dicontohkan oleh Rasul melalui hadits2-nya yang apabila kita teladani niscaya bersosial masyarakat di GIK akan sangat indah.... Tapi memang terkadang kita memerlukan aturan-aturan tertentu di lingkungan masyarakat yang lebih terperinci dan disesuaikan dengan lingkungan sekitar dengan tidak mengesampingkan Al-Quran dan Hadits. untuk itu diperlukan AD/ART FSW-GIK terlebih dahulu agar dalam kita melangkah ke depan tidak menimbulkan gejolak sosial. AD/ART tersebut nantinya diberikan ke setiap pemilik rumah GIK dengan dibuatkan rangkap dua dan ditanda tangani masing-masing oleh Ketua FSW-GIK dan Pemilik Rumah sebagai tanda bahwa sebagai Pemilik Rumah di GIK menyetujui aturan yang ada dalam AD/ART dan akan mematuhinya. Satu berkas diberikan kepada Pemilik Rumah dan satu lagi sebagai Arsip FSW-GIK.
Hanya sekedar usul:
Agar lebih mudah dan nikmat senikmat "COME ON TIGER".. dalam pembuatan AD/ART langkah awal adalah dirumuskan dahulu Draft AD/ART oleh TIMUS (Tim Perumus) yang minimal terdiri dari para perwakilan masing2 blok dengan di fasilitatori oleh Pengurus FSW-GIK. Setelah Draft AD/ART diselesaikan oleh TIMUS, tinggal mendapatkan persetujuan mayoritas warga GIK. Acara persetujuan tersebut bisa dengan mengundang seluruh warga baik kepala keluarga atau sekalian ibu-ibunya juga boleh dalam suatu acara rembug urung di sebuah Villa di Kebun Teh Gunung Mas Puncak Jawa Barat yang difasilitasi oleh Pengurus FSW_GIK... setujuuuuu.....????!!!

Anonim mengatakan...

Come on tiger" !... begini lho Pa' Agenda malam itu nantinya sosialisasi dahulu tentang manfa'at adanya koperasi lalu jika warga menyetujui kita bentuk tim perumus seperti usulan Bp' setelah itu kita susun AD/ARTnya. dan diralat tgl pertemuannya seharusnya 16/11/08.
bio

Anonim mengatakan...

ntul..intinya koperasi bermanfaat utk membiayaai segala tetek bengek keperluan lingkungan GIK spt bayar satpam, sampah, perawatan mushola kalo dah berdiri/mendukung biaya berdirinya mushola, biaya menata lingkungan GIK yang kita tauk oleh pengembang dibangun serampangan, dan kalo ada sisa atas SHU Koperasi bisa dibagi ke tiap rumah w-gik, dan laen-laen.

koperasi nantinta macam toko yg melakukan jual beli barang ,agen pulsa, dll bahkan kalo mungkin bisa melakukan bidang usaha lebih jauh lagi misalnya: general trading.

intinya, bisa membiayai keperluan lingkungan GIK dan harapannya bisa meringankan 'living cost' masing2 rumah tangga GIK. kira-kira begitu...gimana? ada yg menolak ide berdirinya koperasi

Asmara21 mengatakan...

Alhamdulillah.. Koperasi adalah suatu ide yang brilian dan tentu sangat mulia.... bukan tidak setuju tapi jangan terburu-buru.. ingat koperasi salah satu hasilnya adalah profit.. profit berhubungan dengan materil... materil jika milik banyak orang dan tidak terkelola dengan baik terkadang menimbulkan konflik walau hanya satu rupiah... konflik adalah awal dari perpecahan... mungkin itu yang tidak kita inginkan... (kan sudah tahu contohnya).

Yang saya usulkan di atas adalah membuat AD/ART FSW-GIK terlebih dahulu.. jika sudah mantap barulah kita buat hal yang baru lagi.

Hal yang perlu diperhatikan juga adalah karakteristik masing-masing warga GIK, karena masih banyak yang kita tidak tahu.

Tambahan Pak Ketu, saya ijin tidak ikut rembug tgl 16/11/2008 saya ada acara "COME ON TIGER" di kampung sebelah.

Arsenal16 mengatakan...

oke pak "come on tiger"...titip durian yaaa!!!

Pujo Priyambodo mengatakan...

Sip nanti kita siapkan Managernya untuk itu, kita gaji pake THR. Arsenal16 mau titip duren montong atw lokal.... titip sama yang Kepri...

ketua FSW-GIK mengatakan...

wah semakin asik neh diskusinya, blok baru ane buka neh (agak hangat neh diskusinya):

yang pasti dan yang sangat penting adalah perlunya kita bersosialisasi dahulu terhadap apa yang akan kita buat nantinya...

menengok kebelakang sebenarnya saya sudah mengusulkan agar secepatnya bisa di buat AD/ART GIK karena dengan AD/ART lah yang menjadi dasar dan acuan kita untuk berbuat dan melangkah kedepan..namun karena kita masih merupakan bagian dari lingkungan luar dan belum adanya serah terima dari pengembnag agak ragu juga FSW-GIK membuatnya..yang pasti kita akan membuat AD/ART nantinya.

memang pembentukan koperasi sangat penting untuk menunjang kebutuhan sektoral keluarga maupun perumahan, dan adanya blogger ini sangat membantu dalam merespon setiap komentar, usulan saran dan lain-lain yang merupakan bagian dalam demokrasi untuk menentukan langkah-langkah awal pembentukan koperasi.

namun kita juga harus mematuhi segala peraturan dan ketentuan yang mungkin nantinya akan dikeluarkan oleh FSW-GIK

Arsenal16 mengatakan...

btw..
ngumpul untuk progress cari donatur...gimana nih pak ketua??..jgn sampai lupaa..kalau ada peluang kita follow up..

Anonim mengatakan...

Setuju pak ketua..jadi qta susun dulu AD/ART dari GIK itu sendiri setelah itu baru qta susun AD/ART Koperasi..
Semoga semuanya menjadi berkah dan diridhoi sama Allah..

ketua FSW-GIK mengatakan...

ok..pada prinsipnya ketua pembangunan mushola ga masalah apabila ada donatur yang terlebih dahulu masuk. beliau ist okeh dan merespon apabila ada kemauan dari warga seperti itu..

pembentukan AD/ART itu suatu kewajiban bagi FSW-GIK yang mana nantinya dalam struktur AD/ART kemungkinan koperasi masuk didalamnya (mempunyai peraturan tersendiri)

Asmara21 mengatakan...

Itu baru mantab... (dari jauh nih) pagi2 sambil ngupi kalo gk baca GIKTainment kayaknya gak TIGER gitu lho... Tapi untuk yang titip Durian kayaknya gk terpenuhi tuh... dah abis musimnya. Yang ada kulit durian nih.... Saya bantu doa aja Pak Ketu dari jauh semoga apa yang dicita-citakan tercapai, lancar, bermanfaat, dan diberkahi Allah SWT. Amin...