Kamis, 30 Juli 2009

Masya Allah, Apa yang Ditonton Anak-Anak Kita?

Akhir-akhir ini setiap kali membuka televisi, kita disuguhi tontonan-tontonan yang membuat hati ini kecut dan jengah. Tengoklah sebuah acara yang dipromosikan sebagai sarana curahan hati bagi orang-orang yang memiliki problem dalam rumah tangga nya. Orang-orang yang terlibat dikumpulkan dalam suatu forum dan mereka diberi kesempatan untuk berbicara atau berdebat mengenai masalah yang mereka hadapi. Biasanya perdebatan akan berakhir ricuh dan saling serang dengan mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas didengar, bahkan tak jarang sampai terlibat perkelahian fisik seperti pemukulan, menjambak rambut sambil mengeluarkan sumpah serapah…..masya Allah. Masalah yang diperdebatkan juga bukan suatu yang bisa ditauladani. Suami nikah lagi dan punya simpanan pula, isteri berselingkuh dengan teman kantor, mertua yang mata duitan, anak yang ternyata berprofesi sebagai wanita panggilan, dan banyak lagi yang aneh-aneh.
acara yang termasuk masih gres dan banyak peminatnya bahkan anak-anak kecil yaitu memilih pasangan yang dilakukan seperti pelelangan…..ya….pelelangan manusia!! Apabila sesuai dengan selera, maka mereka bersaing untuk merebut hati sang pria agar pria tersebut memilih salah satu dari wanita yang ada untuk menjadi pasangannya. Komentar-komentar yang dikeluarkan oleh peserta terkadang jauh dari kalimat-kalimat yang santun. Begitu pula adab berpakaian dari peserta wanitanya yang menganut paham semakin terbuka semakin cantik seorang wanita dipandang.
Itulah beberapa contoh tayangan televisi yang ditonton anak-anak kita sehari-hari. Tidak bisa dipungkiri, banyak anak-anak yang menghabiskan sebagian besar waktunya di depan televisi tanpa bimbingan orangtua. Tidak jarang bahkan orangtua malah asyik menonton tayangan-tayangan tersebut bersama anak-anaknya. Sadarkah kita bahwa adegan demi adegan di televisi itu melekat di memori anak-anak kita bagaikan pelajaran yang secara kontinyu disuguhkan oleh guru-guru di sekolah. Semua kejadian, dibawah sadar, akan diserap oleh otak anak-anak kita tanpa ada filter. Lebih parah lagi apabila tidak ada bimbingan dari orangtua untuk memilah-milah mana yang pantas dan mana yang tidak.
Memori ini yang ikut tumbuh bersama anak-anak kita hingga mereka dewasa. Coba bayangkan apa yang mungkin bisa terjadi jika nilai-nilai yang terekam di memori itu mereka terapkan dalam kehidupan mereka? Mereka mungkin beranggapan sah-sah saja memiliki selingkuhan, hidup bersama tanpa ikatan pernikahan atau kehidupan lesbian dan homoseksual adalah hal yang normal, atau lari dari rumah adalah satu-satunya solusi apabila orangtua tidak memenuhi keinginan mereka. Naudzubillahiminzalik…..
Siapa yang paling bertanggung jawab dengan keadaan ini? Orangtua, stasiun televisi, guru, pemerintah, atau masyarakat? Bukan tidak ada protes yang diajukan sehubungan dengan penayangan acara-acara tidak mendidik di televisi, tapi semuanya berlalu bagaikan angin. Semua pihak yang berwenang seolah-olah menutup mata. Ironisnya tayangan-tayangan seperti itu malah tumbuh subur tidak terkontrol.
Setelah melihat kondisi sekarang ini, rasanya kita tidak bisa berharap banyak dari pihak-pihak lain untuk ikut memikirkan dan bertanggung jawab atas nasib anak-anak kita.
Usaha yang paling ampuh untuk membentengi anak-anak kita dari pengaruh buruk tayangan televisi adalah bimbingan dan didikan kita sebagai orangtua. Sejak dini usahakanlah untuk mengatur jadwal menonton anak dan konsisten dengan peraturan yang dibuat. Jangan sampai kita melarang anak untuk menonton tetapi kita sendiri sebagai orangtua malah asyik dengan tontonan tersebut. Hal ini akan membuat anak-anak berusaha mencuri kesempatan untuk menonton karena melihat orangtuanya asyik menonton sementara mereka dilarang, maka timbul keingintahuan dalam diri mereka.
Selanjutnya, ada baiknya pihak sekolah bekerja sama dengan orangtua murid yang tergabung dalam wadah Persatuan Orangtua Murid untuk lebih serius mengangkat masalah ini untuk didiskusikan dan dipikirkan bersama bagaimana langkah-langkah yang harus diambil.
Marilah para orangtua jangan terlena dan menganggap remeh masalah ini. Kita harus bertanggungjawab terhadap masa depan anak-anak kita. Karena kalau tidak, bayangkanlah…...generasi seperti apa yang menghuni Negara ini di masa yang akan datang.
Tentunya tinggal beberapa hari lagi Ramadhan akan datang, banyak Televisi menyajikan tayangan sinetron berbau religi. tapi setelah dicermati isinya tidak beda jauh seperti Jahiliyah, tampak wanita muslim dicaci dimaki dan dianiaya... benarkah ini sinetron religi. mari jangan tidak mengambil sikap atas hal ini. tentunya kaum musliminlah yang lebih banyak dirugikan, lebih-lebih calon generasinya.
Wallahualam.

9 komentar:

Asmara21 mengatakan...

Saya baca milis tetangga bagus juga, dampak menonton televisi bagi anak-anak:

http://mimpsy.blog.friendster.com/2009/01/dampak-menonton-televisi/

ada juga kiat menyikapinya:

http://mimpsy.blog.friendster.com/2009/01/kiat-orangtua-menyikapi-tayangan-televisi/

Memang, jaman sudah semakin edan pa.. Hal yg tidak biasa, sekarang menjadi biasa. Hal yg dianggap tidak baik, sekarang oke-oke aja. Hal yg tabu sekarang bebas-bebas aja. Regulasi yang ada pun tidak bisa membendungnya. Lembaga tempat berkumpulnya ulama pun sering dikalahkan oleh kepentingan sesaat. Lembaga pendidikan sekarang tertatih-tatih dalam mengarahkan anak didik karena terbentur banyak hal... yang anggaran kurang lah, yang takut kena sanksi pelanggaran HAM lah... dsb. Eforia kebebasan berpendapat dan berekspresi dituangkan dalam tayangan media televisi dan disuguhkan setiap hari, setiap jam, setiap menit, setiap detik. Bisa dibayangkan anak cucu kita ke depan bagaimana??? Ditambah lagi pendidikan agama semakin di babat habis.Setuju dengan pa pujo, harapan terakhir bagi anak-anak adalah orang tuanya...Cuma orang tuanya juga jarang ngaji (seperti saya) gimana dong pa????... ehehehe

Pujo Priyambodo mengatakan...

Sayapun sependapat,dengan bp. asmara baik tidaknya sebuah ahlak dimulai dari keluarga. pendidikan diluar rumah hanya tambahan. Pertanyaan : Bisa dibayangkan bagaimana kita bisa hidup dengan pikiran sehat diawal hari. Pagi-pagi setel Teve sudah disuguhkan infotaiment "GOSIP", siang Info kriminal, sore hingga malam sinetron jahiliyah. lalu kapan baca Qur'an, baca bukunya ?...
pernahkah terbesit coba dalam waktu 1 menit saja kita berprasangka baik terhadap orang walaupun bergumam dalam hati?..misal kita melihat seorang pemulung pasti akan timbul pikiran berprasangaka tidak baik... ia akan berbuat kriminal.. itulah hati kita sudah terontaminasi kotoran. Sebuah kisah Sirah: Saat Nabi bersama Siti Aisyah melihat seseorang, tanpa terencana Aisyah bergumam dalam hati, lalu rasulullah meminta Aisyah meminum air. ketika air masih didalam mulut Rasulullah minta air tsb dikeluarkan dari dalam mulut, lalu yang keluar air bercampur darah.. Asiyah terkejut.. Lalu nabi berkata itulah hatimu...

Anonim mengatakan...

koornidasikan aje warga GIK wat langganan tv kabel Al Jazeera...hehehe..(kan kagak ada sinetron). kagak usah langgana TV Satelit/Kabel laennya. iye kagak?

untuk ane kagak punya TV

ketua FSW-GIK mengatakan...

lapor aje pa kalo merasa dirugikan, buanyak ko, entah itu dari pemerintah, lsm, badan yang independent dll...
banyak kok pa TV yang punya program baca Al qu'ran,tausiah, tafsir, tajwid, tasmi, talqim dll..

semua tergantung dari pemirsanya sendiri??bagaimana menyikapi acara-acara TV yang akan ditontonnya...dan sejauh mana orang tua bisa membimbing anak-anaknya ketika menonton TV.

Asmara21 mengatakan...

wah bung anonim mau kembali ke jaman orba nih, maen diratain aje semuenye... pan kite punye kebutuhan masing2 boz... lagian ane belon belajar basa arab, jadi kaga ngarti aljazeera.. ntar dah niatan sih ade belajar entu bahasa... Temen ane yang orang arab aje demennye nonton FTV bukan aljazeera... hehehehehe..

@pa ketu: masyarakat dah banyak yg lapor pak ke lembaga2 yg ada sprti yg pak ketu bilang. Dah bertumpuk-tumpuk malah... dan dah banyak juga yg ditindak lanjuti ke meja ijo, tapi di endonesa emang duit dah nomor atu... Malahan galakan dienye pak, ampe bilang "Mau komplen? silahkan. saya gak takut...??? kekekekekke...
Memang sulit juga pa, akhirannye ye urusan perut lagi perut lagi. Itu udah jadi siklus hidup. Dipites yang satu, yang laennye sesak nafas. Mau tidak mau, benci atw suka, sedih atw senang, pertelevisian pasti tetap ada dan mungkin akan makin meraja dan menggila. Tinggal berharap ada sang dermawan yang mau mendermakan hartanya bikin stasiun televisi yang islami...... amin...

Pujo Priyambodo mengatakan...

Emang ntuh, komplenan mah hanya komplenan hanye ditampung aje.. nyang ngomplen dah lupe ame komplenannye di buang dahtuh kritikannye.. kalo ane mungkin berpikirnye begini Pa asmare, dulu ntu contohnye Teve Global awal berdirinye sahamnye dipegang sebagian besar ame orang nyang mau nyeting acaranye menyuarakan umat muslim, ternyate ade konspirasi ntu orang nyang punye saham digeser... akhirnye ya kaya gini.. ane pikirmah.. dari pade suseh-suseh ndiriin stasiun Teve mending nyang ada kite ambil alih itu stasiun caranye ye kite tarbiah mereka... gitu'!..

Asmara21 mengatakan...

Jangan jauh-jauh pa... tarbiahin dulu managemen GIK... kekekeke. biar cepet kelar tuh perumahan kite... Rungseb juga ngliat jalanan yg aspal nye belom jadi, ditambah lagi ngliat tanah kosong yang sekarang dah mirip arena outbond.....

Pujo Priyambodo mengatakan...

Waduh kalau saya tidak berkompeten kesana. itu hanya masalah kewajiban sebagai pengembang. kan sayamah ga ada hubungannya dengan mereka atau satu management.. he...he...he...

ketua FSW-GIK mengatakan...

wah kite kan lagi proses pembelajaran semua pa...
semua cara bisa kita tempuh...
apakah diendonesia uang segalanya???gak juga pa masih ada kok orang yang beragapan uang ga bisa merubah semuanya...
masih banyak pa lembaga atau sejenisnya yang merespon dan menindaklanjuti laporan kite??
kalo kite udah berapriori dan suuzhon pada lembaga dan sejenisnya mendingan ga useh ngelapor tapi berdoe aje...

terus komplen terus dan terus serta terus pa
jangan putus asa pa kalo ingin menyelamatkan anak-anak kita...

kalo yang tue putus ase yah ape kate anak-anak kite pa nantinye???

yang pasti mungkin dari keluarga dulu yang harus dan wajib kita perhatikan dalam membimbing anak-anak kite mengenai sajian perteliviasian endonesia.....kaleeeee

ingat pa arus deras globalisasi mau ga mau suka ga suka kita memang sudah berada didalamnya...
jadi KEMBALI KEPADA KITE.....