Kamis, 12 November 2009

Kala Shubuh Kita Lebih Awal


Jika kita perhatikan sekarang ini, waktu shalat Shubuh kita di beberapa bagian—terutama di bagian Barat Indonesia, jatuh sekitar jam 04.00 pagi. Ini mungkin baru terjadi dalam kurun waktu yang lama sekali. Sebelumnya, selama bertahun-tahun, kita melaksanakan Shalat Shubuh pada jam 05.00 kurang atau paling tidak, pukul 04.30 pagi. Mengapa?
Ibrahim bin Adham mengatakan bahwa jika ingin melihat kebangkitan Islam, maka lihatlah Shalat Shubuh di masjid-masjid. Maksudnya, Islam akan kembali bangkit dan menemukan zaman keemasannya jika jamaah Shalat Shubuh di masjid sama banyaknya dengan jamaah shalat Jumat.
Kita sudah tahu bahwa dalam shalat Jumat, berlepas dari banyak juga yang tidak melakukannya, tetapi masjid-masjid jamie selalu penuh. Orang-orang menghentikan sejenak aktivitasnya. Di waktu shalat-shalat lainnya, masjid kembali ke “habitat”-nya semula: sepi dan hanya paling tidak, di sebagian besar masjid, hanya mempunyai jamaah tiga atau empat shaff. Itupun ketika Maghrib dan Isya saja. Shalat
Shubuh yang paling mengenaskan. Seringkali, muadzin melakukan semuanya sendirian: beradzan, qomat, menjadi imam dan juga jamaahnya, alias tak ada jamaahnya ( A 16 ). Paling bagus, shalat Shubuh diikuti oleh satu baris yang terdiri dari orang-orang tua saja.
Dengan bergesernya waktu shalat Shubuh yang lebih awal, bisa ditebak, shalat Shubuh di masjid menjadi makin sepi. Jumlah jamaah yang tadinya sudah sedikit semakin surut saja. Dan jangan terlalu banyak berharap melihat anak-anak muda di barisan jamaah shalat Shubuh. Memang kadang-kadang aja juga, namun yang kadang-kadang itupun jumlahnya tidak lebih dari hitungan jari satu tangan saja.
Sebaliknya anak-anak muda kita sekarang ini, jika kebetulan pas hari libur, mereka sering kali masih bisa kita temui di pinggir jalan sampai larut malam. Mereka berkumpul dan begadang, menghabiskan malam bersama-sama, dan kemudian pergi tidur justru ketika Shubuh akan segera jatuh.
Sebagian besar bencana besar sering kali terjadi pada waktu setelah Shubuh yang tenang. Misalnya saja Tsunami Aceh dan tragedi Situ Gintung belakangan ini.
Semoga, kita menjadi orang-orang yang senantiasa menjalankan shalat Shubuh berjamaah di masjid.
Hayo.. kita mulai....

17 komentar:

Anonim mengatakan...

ihiks2..ihiks..jamaah shalat subuh mangkin sepi, sementara jamaah fesbukiyah mangkin rame...

ketua FSW-GIK mengatakan...

iye neh ane ketinggalan mulu jamaahnyeh...heheheh...

Anonim mengatakan...

Alhamdulillah di GIK, malah subuhan yang paling rame..

Tapi bos,memaknainya rada kreatif dikit ya.. Soalnya klo Sholat Jumat khan harus di Masjid Jami', sedang Sholat Subuh khan bisa di Mushola.
Jadi beda dikit..

Mudah2an kita juga bisa Sholat Fajar (sholat sunah sebelum subuh) yg menurut hadits lebih baik daripada dunia dan seisinya).

Kalo bisa qomatnya jangan kecepetan ya, kasian yg rumahnya jauh ketinggalan mulu..

Pujo Priyambodo mengatakan...

Iya nich Pa' kita saling mengingatkan...sy jg masih banyak kekurangan..,@Anonim 2: kalau tempat hanya teknis yach..pa'.. yang utama yaitu bagaimana caranya kalau satu komplek itu... saat sholat shubuh kita ada semua. karena saat kumpul kumplit warga GIK hanya saat itu saja. selebihnya punya kesibukan masing-masing.

Anonim mengatakan...

Kapan nich ada kajian umum rutin, bulanan ato pekanan gitu..
Jadi oknum2 nyang kayak ane nich juga bisa ikut ngaji..
Kagak nyang udah pinter2 doank yang ngaji di mushola..
Buat "ngecas" kite2 nich Pak, biar Pak Ketua gak ketinggalan mulu jemaahnye..
Kalo Pak Ketua nyang deket aja ketinggalan, gimana nyang jauh2..

Tar nyang lain masuk surga kitenye ketinggalan dach..

Tul gak Pak Ketua?

ketua FSW-GIK mengatakan...

hehehehe yang penting niat bozzz....
kage useh liat-liat ketue nyeh ...
jangan ngikutin yang kage bener heheheh....

Anonim mengatakan...

"Sebagian besar bencana besar sering kali terjadi pada waktu setelah Shubuh yang tenang. Misalnya saja Tsunami Aceh dan tragedi Situ Gintung belakangan ini.Semoga, kita menjadi orang-orang yang senantiasa menjalankan shalat Shubuh berjamaah di masjid"

wah kayaknye satpam harus lebih diberdayakan lagi soalnya kalau jam-jam segitu sering pada tidur pulas dan diminta bangunin warga GIK aje

ketua FSW-GIK mengatakan...

gimane neh dengan warge yang jarang berjamaah di musholla al insan ...heheheh...mau dibangunin ma satpam....heheheheh...

Pujo Priyambodo mengatakan...

Gimana, kalo keliling bergilir mbangunin setiap sholat subuh. seperti mbangunin sahur....petugasnya yg bertugas bacain riyadus shalihin.. ki..ki..ki..

ketua FSW-GIK mengatakan...

wah satuju tuch.....ide yang buagus, buat persiapan ramadhan 1431 H..hehehehe....satuju....satuju...
ada yang komplen ga yeh..heheheheheh

Anonim mengatakan...

ihiks.. ihiks..
Yang baca riyadussalihin aja pada jadi makmum masbuk, mana sempet mbangunin orang (itu juga klo bangun).
Berdayain satam aja, jadi sekalian mastiin mereka melek jam segitu.
Ato pake "subuh call", klo subuh tolong di misscall gitu..

ketua FSW-GIK mengatakan...

kalo pake securityi ijin dulu pak ma pengembang heheheh....

yang penting niat pak sholat subuh jemaahnye...mo di bangunin kaye ape juga kage bakalan bangunkalo niatnye kage...hehehehe

nunggu warganye pade sadar kali yeh pa heheheheheh.......

Pujo Priyambodo mengatakan...

Pa ketua begini, kita dikomplek mencoba untuk bisa mengkompakan sesama Insan GIK. Insya Alloh jika niat sudah ada tinggal aplikatifnya, senangkan rasanya jika di GIK harmonis, saling memberi Tauladan. menjadi Pemukiman yang masyarakat warganya yang benar-benar Islami.Hidup GIK.."

ketua FSW-GIK mengatakan...

benar, masyarakat gik harus menjadi masyarakat yg bermasyarakat, terutama masyarakat lingkungan kite tinggal..sebagus apapun konsep hidup kite, kalo tidak bermayarakat dengan yg lain,masyarakat gik bsa menjadi kerdil...

Anonim mengatakan...

sekali2 pada hari libur, FSW GIK ngadain acara di dalam kompleks (bukan diluar) dan kasih undangan ke tiap rumah kompleks..sekalian ajak warga ngobrol dan curhat ttg masalah2 yg mungkin ada di komplek biar gak kerdil ye...

warga kompleks pan punye kesibukan/urusan rumahtangge masing2 bukan berarti kagek mau bermasyarakat..hehe

ketua FSW-GIK mengatakan...

semue warge juge punye kesibukan bro....!!!jangan menjadi sebuah alasan untuk tidak bermasyarakat...iye kage cang!!

sementare FSW-GIK belum ade curhat-curhatan ....di undang juge pesimis yang ntu-ntu aje yang dateng...

Anonim mengatakan...

baiknye giatkan lagi main tenis meja, sepedaan, bulu tangkis, hayo palagi...ha ha ha ha